VISI, TUJUAN DAN STRATEGI

Program Studi Pendidikan Profesi Guru  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh menyusun Visi Keilmuan dan Tujuan PS yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Dekan FKIP Universitas Galuh Nomor: 191a/21/SK/AK/D/VI/2023.

 


Visi Keilmuan

Menjadi program studi penghasil guru professional, berkearifan lokal, dan berwawasan global dengan strategi pembelajaran konstruktivis pada tahun 2045.

 

Tujuan

1. Terwujudnya pendidikan dan pengajaran dengan strategi pembelajaran konstruktivis untuk menyiapkan guru profesional yang berkarakter

2.   Terwujudnya guru professional yang unggul dalam inovasi pembelajaran dengan didukung pengalaman belajar di luar kampus.

3.   Meningkatnya kuantitas penelitian dan publikasi bidang pendidikan yang berkualitas.

4.  Meningkatnya kuantitas pengabdian masyarakat untuk membantu meningkatkan daya saing daerah dan pembangunan nasional dalam bidang pendidikan.

5.  Terwujudnya kerjasama dengan Lembaga pendidikan, pemerintah, badan usaha, komunitas dan media yang mendukung terhadap peningkatan kualitas lulusan dan dosen.

6.   Terciptanya tata pamong yang efektif dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.

7.  Terpenuhinya infrastruktur, dengan menyediakan fasilitas dan peralatan utama, pengembangan sarana dan prasarana, serta laboratorium untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

8.   Terwujudnya sumber daya manusia yang berkompeten dan berwawasan global.

 


Strategi

1.     Bidang pendidikan dan pengajaran

a.    Melaksanakan kurikulum yang telah dikembangkan dengan berlandaskan karakter dan inovasi pembelajaran.

b.    Mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan capaian pembelajaran lulusan dengan model project based learning dan problem based learning.

c.    Menyelenggarakan perkuliahan berbasis teknologi dengan strategi pembelajaran konstruktivis sehingga menghasilkan guru professional.

2.    Bidang penelitian

a.    Memfasilitasi kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam pendidikan berbasis kearifan lokal.

b.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dengan pendanaan dari internal maupun eksternal perguruan tinggi.

c.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional.

3.    Bidang pengabdian masyarakat

a.    Memperluas kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dosen, mahasiswa dalam pendidikan.

b.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat dengan pendanaan dari internal maupun eksternal perguruan tinggi.

c.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat.

4.    Bidang kerjasama

a.    Menambah kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas pengajaran dalam bidang pendidikan.

b.    Mengembangkan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas penelitian dalam bidang pendidikan.

c.    Memperluas kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan.

5.    Bidang tata kelola

a.    Mengembangkan Sistem Pengelolaan Dana yang mampu menjamin lancarnya operasional pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

b.   Melaksanakan monitoring serta evaluasi diri secara konsisten, jujur, dan terbuka yang hasilnya digunakan sebagai usulan untuk peningkatan kinerja layanan berikutnya, sehingga dapat menjamin   berlanjutnya peningkatan mutu akademik

c.   Mengembangkan Sistem dan Teknologi Informasi yang mampu menjamin terpenuhinya kebutuhan pengguna, terkait dengan kemudahan akses dan relevansi yang tinggi dari informasi yang   dihasilkan dalam pemanfaatannya.

6.  Bidang sarana dan prasarana

a.    Melengkapi sarana dan prasana untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas;

b.    Mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran dengan perencanaan site plan dilengkapi sistem informasi terintegrasi dan berkelanjutan

c.    Menentukan identitas sarana dan prasarana dengan nama budaya kagaluhan

7.  Bidang sumber daya manusia

a.    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional, kualifikasi tinggi, berkarakter dengan tingkatkesejahteraan yang tinggi, berstandar dan bereputasi internasional;

b.    Mengimplementasikan budaya akademik yang profesional dan proporsional untuk seluruh civitas akademika melalui pelibatan aktif sumber daya secara menyeluruh.

c.    Melakukan evaluasi kinerja sumber daya manusia secara berkelanjutan.